• Visi
    Visi

    " Menjadikan Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi sbagai wadah belajar sepanjang hayat dan sentral pengolahan kearsipan di Kabupaten Nunukan "

  • Misi
    Misi

    Meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat; Meningkatkan penyelenggaraaan tata kelola kearsipan daerah; Meningkatkan kualitas dan aksesibilitas pelayanan perpustakaan; Meningkatkan kualitas dan utilitas sumber daya organisasi;

  • Slogan
    Slogan

    Kepuasan anda adalah kebahagiaan kami, masyarakat gemar membaca dambaan kita bersama, kelestarian arsip dan dokumentasi tetap terjaga.

Selamat Datang di KPAD Nunukan

BIMBINGAN TEKNIS PENDIDIKAN DAN PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS

 

Jika mengacu pada Undang-Undang No 43 tahun 2009, pengertian Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sedangkan Arsip Dinamis adalah arsip yang digunakan secara langsung dalam kegiatan pencipta arsip dan disimpan selama jangka waktu tertentu.

 

Arsip dinamis ini dipakai secara langsung dalam suatu kegiatan organisasi/perkantoran setiap hari, sehingga pengelolaannya harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Untuk menunjang hal tersebut, maka Pusat Diklat Bogor Provinsi Jawa Barat melaksanakan BIMBINGAN TEKNIS PENDIDIKAN DAN PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS yang dilaksanakan selama enam (6) hari dimulai tanggal 30 April 2012 – 05 Mei 2012.

Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Nunukan mengirimkan salah satu staf Seksi Pelayanan dan Penyimpanan Arsip, Andi Taufiq, A.Md untuk mengikuti kegiatan ini. Pada pelaksanaannya Bintek ini membahas Kebijakan Kearsipan Nasional, Pengantar Kearsipan, Instrumen Pengelolaan Kearsipan, Pengelolaan Arsip Aktif, Pengelolaan Arsip In-Aktif, Program Arsip Vital dan Pengamanannya, Penyusutan Arsip, dan Pengelolaan Arsip Berbasis TIK.

Beberapa hal yang dapat menjadi masukan bagi Pemerintah Kabupaten Nunukan yaitu melalui Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (KPAD) Kabupaten Nunukan agar dalam penataan dan pengelolaan arsip dinamis dilaksanakan secara efisien dan efektif diseluruh SKPD di Kabupaten Nunukan sehingga tujuan dan sasaran kelembagaan dapat tercapai. Selain itu, melalui KPAD juga pemerintah bisa melakukan kontrol terhadap pemindahan arsip aktif yang sudah memasuki masa in-aktif serta mengurangi volume arsip dinamis yang disimpan oleh seluruh SKPD Kabupaten Nunukan.

Yang paling penting yaitu pemerintah mampu melaksanakan perencanaan, implementasi serta penerapan standar pelayanan minimal dalam pelayanan pengelolaan kearsipan, dimana memenuhi tugas pokok dari kearsipan daerah khususnya Kabupaten Nunukan, dengan berpedoman pada PERMENDAGRI No. 39 tahun 2005 tentang Pedoman Tata Kearsipan di Daerah dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia N0. 28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang 43 tahun 2009 tentang Kearsipan.

 

Links Pendidikan

Links SKPD Nunukan

Links Departement

Links Media Online

Links Perpustakaan

Links Arsip

You are here: Home Arsip Berita Arsip BIMBINGAN TEKNIS PENDIDIKAN DAN PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS